Hukum Berqurban Atas Nama Mayyit




Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin –rahimahullah-


Persoalan:

"Apakah ibadah qurban disyari’atkan bagi orang yang telah meninggal dunia atau bagi orang yang hidup (saja, ed)?"

Jawaban:

"Qurban disyari’atkan bagi orang yang hidup. Karena sepengetahuan saya, tidak terdapat riwayat dari Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabat beliau -radhiyallahu ‘anhum- yang berqurban atas nama orang yang telah meninggal secara khusus. Sungguh, ketika Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- masih hidup, beliau mempunyai anak laki-laki dan perempuan yang meninggal; beliau juga memiliki istri-istri dan sanak saudara yang telah meninggal, namun beliau tidak berqurban atas nama salah seorangpun dari yang disebutkan padahal mereka semua adalah orang-orang yang beliau cintai. Beliau tidak berqurban atas nama paman beliau Hamzah, tidak juga atas nama istrinya Khadijah, Zainab bintu Khuzaimah, ketiga anak perempuan beliau dan anak laki-laki beliau -radhiyallahu ‘anhum-. Seandainya perkara ini disyari’atkan maka tentulah Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- telah menjelaskannya dalam sunnahnya baik berupa sunnah qauliyyah (perkataan) atau sunnah fi’liyah (perbuatan). Jadi, (mestinya) seseorang hanya berqurban atas nama dirinya dan keluarganya.

Adapun memasukkan si mayyit dalam qurban sebatas dompleng nama maka hal ini telah ditunjukkan dalam sebuah dalil (yang shahih) bahwa Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- menyembelih atas nama beliau dan keluarganya. Sedangkan termasuk keluarga beliau adalah para istri beliau, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup. Demikian juga beliau berqurban atas nama ummatnya, termasuk mereka yang sudah meninggal dan (bahkan) yang belum ada wujudnya. Tetapi qurban atas nama mereka secara khusus; saya tidak mengetahui dalil dari hadits Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang menunjukkan hal itu.

Oleh karena itulah sebagian para ulama berpendapat bahwa berqurban atas nama orang yang sudah meninggal secara khusus sebagai perbuatan bid’ah yang dilarang. Namun pendapat yang menilai sebagai bid’ah ini merupakan pendapat yang sulit (diterima). Karena minimal kita katakan bahwa hal itu termasuk dari jenis sedekah dan telah jelas bahwa bersedekah atas nama orang yang sudah meninggal itu boleh. Walaupun sebetulnya yang dimaukan dalam ibadah qurban itu bukan semata-mata bersedekah dengan daging yang disembelih tersebut, berdasarkan Firman Allah -subhanahu wa ta’ala-,

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا

“Daging-daging itu dan darahnya sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah”. (al-Hajj: 37)

Namun hal terpenting dalam hal ini adalah taqarrub (sikap mendekatkan diri kepada Allah -subhanahu wa ta'ala-) yang diwujudkan dalam bentuk menyembelih hewan sembelihan"

(asy-Syarhul Mumti' 'ala Zadil Mustaqni', 3/335-336 cet. Jannatul Afkar)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

:مسألة:

ھل الأضحیة مشروعة عن الأموات أو عن الأحیاء؟

:الجواب 

مشروعة عن الأحیاء، إذ لم یرد عن النبي صلّى الله علیه وسلّم ولا عن الصحابة فیما أعلم أنھم ضحوا عن الأموات استقلالاً، فإن رسول الله صلّى الله علیه
وسلّم مات له أولاد من بنین أو بنات في حیاته، ومات له زوجات وأقارب یحبھم، ولم یضح عن واحد منھم. فلم يضح عن عمه حمزة ولا عن زوجته خديجة، ولا عن زوجته زينب بنت خزيمة، ولا عن بناته الثلاث ولا عن أولاده -رضي الله عنهم- ولو كان ھذا من الأمور المشروعة لبینه الرسول صلّى الله علیھ وسلّم في سنته قولاً أو فعلاً، وإنما یضحي الإنسان عنه وعن أھل بیته.

وأما إدخال المیت تبعاً فھذا قد یستدل له بأن النبي صلّى الله علیھ وسلّم «ضحى عنه وعن أھل بیته ِ ، وأھل بیته یشمل زوجاته اللاتي متْن واللاتي على قيد الحياة.

وكذلك ضحى عن أمته، وفیھم من ھو میت، وفیھم من لم یوجد، لكن الأضحیة علیھم استقلالاً لا أعلم لذلك أصلاً في السنة.

ولھذا قال بعض العلماء: إن الأضحیة عنھم استقلالاً بدعة ینھى عنھا، ولكن القول بالبدعة قول صعب؛ لأن أدنى ما نقول فیھا: إنھا من جنس الصدقة، وقد ثبت جواز الصدقة عن المیت، وإن كانت الأضحیة في الواقع لا یراد بھا مجرد الصدقة بلحمھا، أو الانتفاع به لقول الله تعالى: 

"لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا..." [الحج: ٣٧]

ولكن أھم شيء فیھا ھو التقرب إلى الله بالذبح".

[الشرح الممتع على زاد المستقنع المجلد الثالث، ٣٣٧-٣٣٨].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages